Baju Baru Saat Lebaran : Sudah Tradisi atau Hanya Sebuah Gengsi ?

Gema takbir telah berkumandang, sholat idul adha juga telah kita laksanakan. Tak sengaja, hati ini terlintas akan ceramah seorang ustadz beberapa waktu silam tentang budaya yang salah kaprah di negeri pesakitan ini. Entah kapan kultur yang satu ini mulai lahir, kultur yang telah menjadi sebuah tradisi di masyarakat pada umumnya. Kita berlomba-lomba memakai baju terbaru ketika sholat ied di tunaikan. Memang dalam suatu ayat di dalam al qur’an disebutkan :”Ketika sholat ied dilaksanakan, pakailah baju-baju terbaik yang kamu miliki” ( jika salah mohon dimaafkan ), tapi toh tetap saja banyak orang lupa akan asal hukum sholat ied.

Memang tak salah jika banyak orang memakai baju baru saat lebaran tetapi alangkah baiknya jika baju itu dikenakan juga ketika sholat wajib ditunaikan. Banyak dari kita yang memakai kaos ( termasuk saya ) ketika sholat wajib ditunaikan. Mungkin kita telah lupa dengan siapa kita berinteraksi. Kalau bertemu dengan orang lain saja kita harus berpakaian yang layak apalagi berinteraksi dengan tuhan kita. Mungkin itu yang menjadi sebab mengapa do’a kita jarang terkabul. Jika kita ingin dihormati oleh seseorang maka hormatilah orang tersebut jika kita ingin disayang oleh-Nya maka segera rubah kebiasaan kita semua. Ayo!!!!

Satu lagi studi kasus di atas yang baru-baru ini secara tidak sengaja saya dengar. Kurang lebih seminggu setelah lebaran tiba beberapa bulan yang lalu, saya sempat bercakap-cakap santai dengan salah seorang teman saya. Saya melihat ada yang baru dari penampilannya. Sempat saya singgung tentang baju yang terlihat masih bersih itu ternyata memang benar apa yang saya duga sebelumnya. “Baju ini baru saja aku beli”,katanya. Kemudian saya bertanya kembali,”Apakah setiap tahun kamu membeli baju baru ?”. “Ya, memang setiap tahun orang tuaku memberi uang khusus untuk membeli baju baru”. Hati serasa tak bisa begitu saja menerima budaya semacam ini. Bukannya iman dan ketaqwaan yang ditingkatkan malah koleksi baju yang menumpuk mungkin tak cukup bila hanya satu almari. Fenomena ini seakan kontras dengan keadaan bangsa ini, bangsa yang banyak yang membutuhkan uluran tangan para dermawan untuk mengentaskan kemiskinan.

7 Responses to Baju Baru Saat Lebaran : Sudah Tradisi atau Hanya Sebuah Gengsi ?

  1. Anonymous says:

    kamu ga papa ta? sekarang kan udah ga waktunya lebaran. tapi ga papa lah, setiap orang kan bebas mengutarakan pendapatnya.
    tidak banyak orang yang bisa berpikir seprti kamu, kebanyakan orang-orang sekarang lebih mementingkan urusannya sendiri. padahal kita kan ga mungkin hidup tanpa orang lain, jadi sudah sewajarnya kan kalo kita juga perlu tengok kanan-kiri kita. sudahkah mereka hidup secara layak?

  2. naychan says:

    duh ga nyambung ni, masa da mo taon baru eh postingannya malah ttg baju lebaran. but it’s ok, i support your opinion.
    menurut ku ci, mungkin ini bukan masalah gengsi tp tradisi yg sudah bgtu melekat. lebaran adalah hari dimana orang2 kmbali suci dan beriman. untuk itu bila pakaian mreka baru saat lebaran, itu karena baju baru adlah pelengkap agar disaat hari nan fitrah itu tiba, penampilan mreka pun juga ikut bersih yg mreka artikan sbg pakaian yg baru, bukan bgitu???

  3. A'Unk~en~Lxmw says:

    salam kenal
    blognya mantap
    saya dapat link mas dari mas anang
    kapan2 baca blog saya juga ya
    makasih :)

  4. Gempur says:

    baju boleh bagus, tapi isi hati harus lebih bagus.. hehehehe

  5. CempLuk says:

    sepakat kata pak gempur..

  6. riz-qiu says:

    nek nggawe artikel sing up to date
    ojo gak pas koyok ngene waktune
    oke……….

  7. Anang says:

    selamat tahun baru..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: